Kasus CSR dalam Pasar, Tempat Kerja, Masyarakat dan Lingkungan Ekologi

Daftar Isi Konten [Tampil]
Kasus CSR dalam Pasar, Tempat Kerja, Masyarakat dan Lingkungan Ekologi



Apakah kamu tahu bahwa Kasus CSR dalam pasar, di tempat kerja, di Masyarakat dan juga Lingkungan Ekologi itu memang bisa saja terjadi berikut ini merupakan rangkuman artikelnya.

Kasus CSR di dalam Pasar


PT. Telekomunikasi Indonesia melakukan kegiatan CSR-nya dengan memberikan kepedulian terhadap pemberdayaan masyarakat. Pemberdayaan masyarakat ini dilakukan dengan memberikan pinjaman modal usaha dan melakukan pelatihan& pendampingan wirausaha. Program pemberdayaan masyarakat ini direalisasikan dengan program Kemitraan.

Terkait dengan tujuan CSR hanya sebagai bentuk pencitraan semata, maka PT Telekomunikasi Indonesia, khususnya PT Telkom Kedatel Malang tidak ingin hanya membuang biaya percuma tanpa benar-benar memberikan bantuan pada masyarakat.

PT.Telkom Kedatel Malang ingin memberikan kontribusi maksimal kepada masyarakat dengan tujuan awal yaitu meningkatkan potensi perekonomian masyarakat. Perusahaan tidak hanya dengan menjalankan CSR yang hanya bersifat sementara dan tidak memberikan solusi pada akar permasalahan, yaitu perekonomian masyarakat yang semakin terpuruk.

Salah satu faktor keterpurukan perekonomian dinegara indonesia adalah pertumbuhan penduduk yang tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan kerja yang rendah.

Permasalahan tersebut semakin rumit saat didukung permasalahan seperti sumber daya manusia yang tidak memiliki pendidikan formal, tidak memiliki keterampilan, keterbatasan modal usaha yang dimiliki oleh pengusaha kecil tetapi mempunyai potensi usaha yang bagus dan ketergantungan masyarakat terhadap bantuan pemerintah.

Tahap Implementasi Program Public Relations Kemitraan


Public relations mengimplementasikan program kemitraan dengan membentuk manajemen dengan empat tahap yaitu :

  • Langkah awal yang harus dilakukan adalah tahap riset,
  • Setelah melakukan tahap riset, tahap selanjutnya adalah perencanaan dan pemrograman,
  • Tahap ketiga adalah aksi dan komunikasi evaluasi


Evaluasi mencakup tiga hal, yaitu:


  • Melakukan analisis mengenai berlangsungnya kegiatan secara periodic apakah sesuai dengan rencana yang telah ditentukan atau tidak.
  • Mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan relevansi program terhadap kondisi masyarakat pada saat dan setelah berlangsungnya program.
  • Menganalisis hasil-hasil yang dicapai untuk digunakan dalam perencanaan, strategi dan penyusunan kebijakan untuk program selanjutnya.


Kasus CSR tentang Workplace


Melalui program Community Volunteering, perusahaan mendukung serta mendorong para karyawan, para pemegang franchise atau rekan pedagang eceran untuk menyisihkan waktu mereka secara sukarela guna membantu organisasi-organisasi masyarakat lokal maupun masyarakat yang menjadi sasaran program.

Salah satu contoh Community Volunteering adalah sebagaimana program Astra Employee Volunteer, yaitu kegiatan CSR dengan melibatkan karyawan. Tepatnya pada tanggal 20 Oktober 2010, 68 orang karyawan PT Astra International Tbk Head Office, melakukan bedah sekolah dan mengajar selama 1 hari kepada siswa dan siswi SD SMP Remaja Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Shell Oil Company, melibatkan ribuan karyawan, pensiunan dan keluarga setiap tahunnya untuk terlibat dalam kegiatan pembersihan pantai yang tercemar di area operasi Shell Oil Company.
Keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan melalui kegiatan Community Volunteering, adalah terciptanya hubungan yang tulus antara perusahaan dengan komunitas, memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan serta meningkatkan kepuasan dan motivasi karyawan.

Kasus CSR tentang Masyarakat


PT. PLN (Persero) Program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Community relation (pemangku kepentingan, stakeholder). Kegiatan ini menyangkut pengembangan kesepahaman melalui komunikasi dan informasi kepada para pihak yang terkait.

Beberapa kegiatan yang dilakukan PLN antara lain: melaksanakan sosialisasi instalasi listrik, contohnya melalui penerangan kepada pelajar SMA di Jawa Barat tentang SUTT/SUTET, dan melaksanakan sosialisasi bahaya layang-layang di daerah Sumenep, Pulau Madura, Jawa Timur.
Community services (masyarakat umum).

Program bantuan dalam kegiatan ini berkaitan dengan pelayanan masyarakat atau kepentingan umum


Kegiatan yang dilakukan selama tahun 2011, antara lain memberikan:

  • Bantuan bencana alam
  • Bantuan peningkatan kesehatan di sekitar instalasi PLN, antara lain di Kelurahan Asemrowo, Surabaya yang berada di sekitar SUTT 150kV Sawahan-Waru.
  • Bantuan sarana umum pemasangan turap untuk warga pedesaan di Kecamatan Rumpin-Kabupaten Bogor, Jawa Barat serta bantuan pengaspalan jalan umum di Bogor-Buleleng, Bali.
  • Bantuan perbaikan sarana ibadah.
  • Operasi katarak gratis di Aceh, Pekanbaru, Jawa Barat, dan kota lainnya di Indonesia.
  • Bantuan sarana air bersih.

Program tanggung jawab social perusahaan (CSR) terhadap pelanggan perlindungan terhadap pelanggan


Dalam kondisi keterbatasan keuangan, PT PLN (Persero) tetap berupaya memberikan perlindungan terhadap Pelanggan dengan melaksanakan prioritas layanan kepada masyarakat. PT PLN (Persero) selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan listrik calon pelanggan mulai dari kelas rumah tangga, usaha atau bisnis,industri dan umum.

Peningkatan kualitas layanan yang dimaksud, antara lain:


  • Peningkatan mutu produk berupa keandalan pasokan listrik, tegangan dan frekuensi listrik sesuai dengan standar yang ditetapkan termasuk kecukupan pasokan listrik.
  • Peningkatan akurasi pencatatan meter pemakaian listrik kWh, kVARh.
  • Peningkatan mutu layanan di mana selurah jajaran karyawan PT. PLN (Persero) memperlakukan pelanggan sebagai mitra bisnis.



Program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap usaha kecil bina lingkungan


Program Kemitraan BUMN dengan Usaha Kecil disebut PK adalah Program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri. Adapun dana PK bersumber dari:

  • Penyisihan laba setelah pajak sebesar 1% sampai dengan 3% hasil bunga pinjaman, bunga deposito dan atau jasa giro dana Program Kemitraan setelah dikurangi beban operasional.
  • Pelimpahan dana program kemitraan dari bumn lain, jika ada.
  • Program Kemitraan merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR). dari PT PLN (Persero) terhadap Mitra Binaan/Masyarakat berupa penyediaan tenaga listrik di area sekitar kegiatan Perusahaan serta mempunyai obyek Mitra Binaan yaitu Usaha Mikro Kecil dan Koperasi (UKM).
  • Program tanggung jawab social perusahaan (CSR) terhadap lingkungan hidup.
Dalam menjalankan kegiatan bisnisnya PT PLN (Persero) selalu berusaha untuk memenuhi ketentuan yang disyaratkan dalam peraturan perundang-undangan di bidang lingkungan hidup. Program kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan PLN di bidang lingkungan hidup, antara lain:

  1. Melaksanakan kebijakan umum perusahaan bidang lingkungan hidup.
  2. Mengikuti program peduli lingkungan global/pelaksanaan Clean Development Mechanism.
  3. Melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang pengelolaan lingkungan hidup.


Kasus CSR tentang Lingkungan Ekologi

Kasus kerusakan lingkungan di lokasi penambangan timah inkonvensional di pantai Pulau Bangka-Belitung dan tidak dapat ditentukan siapakah pihak yang bertanggung jawab atas kerusakan yang terjadi karena kegiatan penambangan dilakukan oleh penambangan rakyat tak berizin yang mengejar setoran pada PT. Timah. Tbk. Sebagai akibat penambangan inkonvensional tersebut terjadi pencemaran air permukaan laut dan perairan umum, lahan menjadi tandus, terjadi abrasi pantai, dan kerusakan laut (Ambadar, 2008).

PT. Indocement Tunggal Prakasa, Tbk. adalah salah satu contoh perusahaan yang sangat peduli pada kelestarian lingkungan hidup. Dalam rangka pelaksanaan CSR perusahaan melakukan kegiatan Program Clean Development Mechanism (CDM). Program ini merupakan program kerjasama antara Negara maju dan Negara berkembang dalam penandatanganan Protokol Kyoto untuk menurunkan emisi gas rumah kaca untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus