Data : Pengertian Data, Jenis Data, Sumber Data, dan Fungsi Data

Daftar Isi Konten [Tampil]

Pengertian Data


Apa itu data?
Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa Latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya.

Pengertian Data, Jenis Data, Sumber Data, dan Fungsi Data



Data kualitatif


Data Kualitatif adalah Data yang dinyatakan dalam bentuk kata-kata atau bukan dalam bentuk angka. Data ini biasanya menjelaskan karakteristik atau sifat . Sebagai contoh : kondisi barang (jelek,sedang,bagus), pekerjaan( petani,pengusaha,pedagang),tingkat kepuasan ( tidak puas, puas, sangat puas),dll


Data kuantitatif


Data Kuantitatif adalah Data yang dinyatakan dalam bentuk angka. Merupakan hasil dari perhitungan dan pengukuran.

Sebagai contoh : tinggi badan, umur, jumlah benda, penghasilan seseorang,dll.

Jenis-Jenis Data


Berikut ini adalah jenis-jenis data, yaitu sebagai berikut:

1. Data Primer


Data primer adalah sumber data yang diperoleh secara langsung dari sumber asli atau pihak pertama. Data primer secara khusus dikumpulkan oleh peneliti untuk menjawab pertanyaan riset atau penelitian.

Data primer dapat berupa pendapat subjek riset (orang) baik secara individu maupun kelompok, hasil observasi terhadap suatu benda (fisik), kejadian, atau kegiatan, dan hasil pengujian. Manfaat utama dari data primer adalah bahwa unsur-unsur kebohongan tertutup terhadap sumber fenomena. Oleh karena itu, data primer lebih mencerminkan kebenaran yang dilihat.

Bagaimanapun, untuk memperoleh data primer akan menghabiskan dana yang relatif lebih banyak dan menyita waktu yang relatif lebih lama.

2. Data Sekunder


Data sekunder adalah sumber data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui media perantara. Data sekunder pada umumnya berupa bukti, catatan, atau laporan historis yang telah tersusun dalam arsip, baik yang dipublikasikan dan yang tidak dipublikasikan.

Manfaat dari data sekunder adalah lebih meminimalkan biaya dan waktu, mengklasifikasikan permasalahan-permasalahan, menciptakan tolak ukur untuk mengevaluasi data primer, dan memenuhi kesenjangan-kesenjangan informasi.

Sumber Data


Pengumpulan data dapat dilakukan melalui 4 cara yaitu registrasi, sensus, survey, dan eksperimen. Namun, secara umum dalam statistik, dikenal dua cara pengumpulan data yaitu sensus dan survey.

Pengumpulan Data


Pengumpulan Data bisa menggunakan cara sebagai berikut:

Sensus


Sensus adalah suatu cara pengumpulan data secara lengkap, dimana seluruh elemen dalam populasi yang menjadi objek penelitian diselidiki/dicacah satu per satu.

Survei 


Survei adalah pengumpulan data dimana data yang diselidiki adalah elemen dari populasi. Makin banyaknya jenis data yang dibutuhkan dalam suatu penelitian, timbul permasalahan bagaimana menghasilkan data yang akurat dengan menyeimbangkan tenaga, biaya dan waktu. Untuk itu survey lebih sering digunakan untuk penelitian.


Sumber data dalam penelitian adalah subjek dari mana data dapat diperoleh. Apabila peneliti menggunakan kuesioner atau wawancara dalam pengumpulan datanya, maka sumber data disebut responden, yaitu orang yang merespon atau menjawab pertanyaan-pertanyaan peneliti, baik pertanyaan tertulis maupun lisan. Apabila peneliti menggunakan teknik observasi,maka sumber datanya bida berupa benda, gerak atau proses sesuatu

Fungsi Data

Kegunaan data adalah sebagai acuan dan pertimbangan semua pihak dalam melakukan tindakan maka tuntutan pengelolaannya secara tepat dan akurat pun semakin meningkat. Dari mulai awal perancangannya, perolahan, penganalisisannya, serta pengambilan tindakan lanjutnya. Semuanya dapat berlangsung dalam konteks operasional kerja di dunia bisnis atau pemerintahan secara formal, ataupun dalam kehidupan sehari-hari bermasyarakat secara umum.

Secara umum metodologi penelitian dengan menggunakan statistic mengenal beberapa langkah dasar, yaitu:


  1. Perencanaan penelitian
  2. Pengumpulan data atau fakta
  3. Pengolahan dan penataan fakta
  4. Penyajian kedalam table/grafik
  5. Analisis dan interpretasi data


Cara menyusun penelitiannya terdiri dari 3 komponen, yaitu pendahuluan, tinjauan pustaka, prosedur penelitian. Pendahuluan berisi latar belakang, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan, manfaat. Tinjauan pustaka berisi kajian teori, kerangka berfikir, hipotesis. prosedur penelitian terdiri dari jenis dan pendekatan penelitian, waktu dan tempat, populasi dan sampel, teknik pengumulan data, instrument penelitian, teknis analisis data

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus