CSR: Pengertian, Manfaat, Pilar, Etika Bisnis Dan Corporate Citizenship

Daftar Isi Konten [Tampil]

Pengertian CSR


Apakah itu CSR? Jadi CSR itu kepanjangan dari Corporate Social Responsibility adalah suatu konsep atau suatu tindakan yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terseubt terhadap kehidupan sosial maupun kehidupan lingkungan yang di lingkungan sekitar, dimana perusahaan itu berada, Semisal:

  1. Melaksanakan suatu kegiatan yang tentunya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar lingkungan dan menjaga lingkungan sekitar, 
  2. Memberikan program beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut ataupun juga bisa memberikan beasiswa terhadap anak yang berprestasi di daerah tersebut, 
  3. Memberikan bantuan dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, 
  4. Memberikan sumbangan untuk membangun desa/fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak, itu semua khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada


Apa Kegunaan CSR untuk Keberlanjutan Bisnis?


Kegiatan CSR akan menjamin keberlanjutan bisnis yang dilakukan. Hal ini disebabkan karena:


  • Mengurangi gangguan sosial yangmana itu semua sering terjadi sebab pencemaran lingkungan, bahkan bisa menumbuh kembangkan dukungan atau pembelaan masyarakat sekitar.
  • Terjaminnya pasokan bahan baku secara berkelanjutan untuk dalam waktu jangka panjang
  • Mendapatkan tambahan keuntungan dari unit bisnis baru, yang awalnya merupakan kegiatan CSR yang dirancang oleh korporat.

Lima Pilar Kegiatan CSR


Adapun lima pilar yang mencakup kegiatan CSR yaitu:


  • Pengembangan kapasitas sumber daya manusia di lingkungan internal perusahaan maupun lingkungan masyarakat sekitarnya.
  • Penguatan ekonomi masyarakat sekitar kawasan wilayah kerja perusahaan.
  • Terjalinnya hubungan relasional antara korporasi dan lingkungan sosialnya yang tidak dikelola dengan baik sering mengundang pemicu kerentanan konflik.
  • Perbaikan tata kelola perusahaan yang baik
  • Pelestarian lingkungan, baik lingkungan fisik, social serta budaya


Manfaat CSR

Manfaat CSR dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu manfaat CSR bagi masyarakat dan manfaat CSR bagi perusahaan. Berikut penjelasannya

Manfaat CSR bagi masyarakat:



  • Meningkatknya kesejahteraan masyarakat sekitar dan kelestarian lingkungan.
  • Adanya bantuan pendidikan untuk anak tidak mampu di daerah tersebut.
  • Meningkatnya pemeliharaan fasilitas umum.
  • Adanya pembangunan infrastruktur desa atau meningkatkan fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan bermanfaat untuk masyarakat banyak khususnya disini adalah masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.


Manfaat CSR bagi perusahaan:


  • Meningkatkan citra perusahaan.
  • Mengembangkan kerja sama dengan perusahaan lain.
  • Memperkuat brand merk perusahaan dimata masyarakat.
  • Membedakan perusahan tersebut dengan para pesaingnya.
  • Memberikan inovasi bagi perusahaan


Pengertian Etika Bisnis


Etika bisnis adalah suatu tindakan tanggung jawab sosial suatu bisnis yang terjadi dari dalam perusahaan itu sendiri. Bisnis selalu berhubungan dengan masalah-masalah etis dalam melakukan kegiatannya sehari-hari. Hal ini dapat dipandang sebagai etika pergaulan bisnis. Seperti halnya manusia pasti juga mempunyai etika dalam pergaulan antar sesama manusia, maka oleh karena itu pergaulan bisnis dengan masyarakat umum juga mempunyai etika pergaulan yaitu etika pergaulan bisnis.

tandar etis merupakan fundamental yang mendefinisikan etika sebagai standar perilaku bermoral, yaitu perilaku yang diterima oleh masyarakat. Tetapi kita harus ingat bahwa hal yang sehat ketika mendiskusikan isu moral dan etis untuk ingat bahwa perilaku etis dimulai dengan diri kita masing-masing

Kelangsungan Hidup Perusahaan


Tanggungjawab social bisnis merupakan aktivitas perusahaan sebagai integral guna kelangsungan hidup perusahaan. Menurut Reverte (2008) perusahaan harus dapat menunjukkan berbagai aktivitasnya agar perusahaan memperoleh penerimaan masyarakat yang akan menjamin kelangsungan hidup perusahaan. Karena kegagalan perusahaan dalam menyesuaikan diri dengan norma ataupun adat yang diterima masyarakat, akan mengancam legitimasi serta sumber daya perusahaan, yang pada akhirnya akan mengancam kelangsungan hidup perusahaan.

Corporate Citizenship


Corporate citizenship merupakan cara perusahaan dalam bersikap atau memperlihatkan perilaku ketika berhadapan dengan para pihak lain sebagai salah satu cara untuk memperbaiki reputasi dan meningkatkan keunggulan kompetitif.

Corporate citizenship sangat berkaitan erat dengan masalah pembangunan sosial (social development) dan juga diterapkan dalam konteks kerjasama (partnership) dan tata kelola (governance). Ajaran-ajarannya antara lain, pembangunan masyarakat, pelestarian lingkungan untuk keberlangsungan ekosistem, serta memperbaiki kualitas hidup manusia.

0 Comments

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus