materi kuliah SIM : Perdagangan Elektronik - webillian.com >
News Update
Loading...

materi kuliah SIM : Perdagangan Elektronik


· Perdagangan elektronik Bisnis ke konsumen

Dalam bentuk perdagangan elektronik ini, bisnis harus mengembangkan pasar elektronik yang menarik untuk menjual produk dan jasa ke konssumen. Sebagai contoh, banyak perusahaan menawarkan situs perdagangan elektronik yang menyediakan toko virtual dan katalog multimedia, pengolahan pesanan interaktif, sistem pembayaran elektronik yang aman dan dukungan pelanggan online.

· Perdagangan Elektronik Bisnis ke Bisnis

Kategori perdagangan elektronik ini termasuk pasar bisnis elektronik dan tautan pasar langsung antarbisnis. Sebagai contoh, banyak perusahaan yang menawarkan internet yang aman atau katalog situs ekstranet perdagangan elektronik untuk konsumen dan pemasok bisnis mereka. Juga yang sangat penting adalah portal perdagangan elektronik bisnis ke bisnis yang menyediakan pelelangan dan pertukaran pasar untuk bisnis yang lainnya mungkin bergantung pada pertukaran data elektronik melalui internet atau ekstranet untuk pertukaran komputer ke komputer


dari dokumen perdagangan elektronik dengan konsumen bisnis dan pemasok mereka yang lebih besar.


· Perdagangan Elektronik Konsumen ke Konsumen

Keberhasilan besar dari pelelangan online seperti eBay, tempat konsumen (seperti halnya bisnis) dapat saling membeli dan menjual dalam sebuah proses pelelangan di situs pelelangan, membuat model perdagangan elektronik ini sebagai strategi perdagangan elektronik yang penting. Oleh karena itu, berpartisipasi atau mensponsori lelang konsumen atau bisnis adalah alternatif perdagangan elektronik yang penting untuk bisnis ke konsumen, konsumen ke bisnis, atau perdagangan elektronik bisnis ke bisnis. Periklanan elektronik pribadi dari produk atau layanan untuk membeli atau menjual oleh konsumen disitus surat kabar elektronik, portal perdagangan elektronik, atau situs pribadi juga bentuk perdagangan elektronik konsumen ke konsumen yang penting.



c. Proses Perdagangan Elektronik Esensial

Proses perdagangan elektronik esensial dibutukan untuk keberhasilan operasi dan manajemen dari aktivitas perdagangan elektronik, maka ada beberapa proses yang harus dilalui oleh para pelaku perdagangan elektronik untuk mencapai keberhasilan dalam perdagangan elektronik esensial ini. Sebuah contoh, yaitu sistem sumber daya manusia berbasis internet yang digunakan seorang karyawan perusahaan, yang tidak dapat menggunakan seluruhnya tetapi hanya katalog manajemen dan proses pembayaran produknya saja.


· Pengendalian akses dan keamanan

Proses perdagangan elektronik harus membangun kepercayaan dan akses keamanan di antara pihak-pihak dalam transaksi perdagangan elektronik dengan memastikan keaslian pengguna, otoritas akses, dan menggunakan fitur keamanan. Sebagai contoh, proes ini menetapkan bahwa konsumen dan situs perdagangan elektronik adalah mereka yang menyatakan diri mereka melalui nama pengguna dan sandi, kunci enkripsi, atau sertifikasi dan tanda tangan digital. Situs perdagangan elektronik kemudian harus mengotorisasi akses hanya ke bagian situs di mana pengguna individu membutuhkannya untuk menyelesaikan transaksi tertentu yang dilakukannya. Oleh karena itu, anda biasanya kan memberikan akses keseluruh sumber daya dari situs perdagangan elektronik kecuali akun milik orang lain, data perusahaan yang dilarang, dan administrasi area situs induk.

· Profil dan Personalisasi

Sekali anda telah mendapat akses ke sebuah situs perdagangan elektronik, proses profil dapat terjadi ketika mengumpulkan data milik anda dan perilaku situs dan pilihan anda, sebagaimana membangun profil dari karakteristik dan preferensi anda. Profil pengguna dibangun dengan menggunakan alat profil seperti pendaftaran pengguna, arsip informasi kecil, situs perangkat lunak pelacak perilaku, dan umpan balik penggua profil ini kemudian digunakan untuk mengenali anda sebagai pengguna individu dan memberikan anda dengan sebuah tinjauan personalitas dari muatan situs, seperti rekomendasi produk dan personalisasi iklan web sebagai bagian dari strategi pemasarn satu demi satu. Proses profil juga digunakan untuk membantu memastikan keaslian identitas anda untuk manajemen akun dan tujuan pembayaran serta mengumpulkan data dari manajemen hubungan pelanggan, perencanaan pemasaran, dan manajemen situs.

· Manajemen Pencarian

Proses pencarian yang efisien dan efektif memberikan kemampuan puncak bagi situs perdagangan elektronik yang membantu konsumen mencari produk spesifik atau layanan yang mereka inginkan untuk menilai atau membeli. Paket perangkat lunak perdagangan elektronik dapat memasukkan komponen mesin pencariaan situs, atau sebuah perusahaan dapat memperoleh mesin pencarian perdagangan elektronik yang disesuaikan, dari perusahaan teknologi pencarian seperti Google dan Requisite Technology. Mesin pencarian dapat mengguakan suatu kombinasi dari teknik pencarian, termasuk pencarian berbasis muatan (misalnya, sebuah deskripsi produk) atau parameter (misalnya, di atas, di bawah, atau antara kisaran nilai untuk beberapa kepemilikan dari sebuah produk.

· Manajemen Muatan dan Katalog

Perangkat lunak manajemen muatan membantu perusahaan perdagangan elektronik membangun, menghasilkan, mengirimkan, memperbarui, dan mencapai data teks dan informasi multimedia di situs perdagangan elektronik. Sebagai contoh, raksasa media di Jerman, Bertelsmann, bagian dari pemilik Barnesand-Noble.com, menggunakan perangkat lunak manajemen muatan StoryServer untuk menghasilkan template halaman situs yang memudahkan editor online dari enam kantor internasional dengan mudah menerbitkan dan memperbaruhi tijauan buku dan yang lainnya membuat informasi, yang dijual ke situs perdagangan lainnya.


Perangkat lunak manajemen muatan lokal dan katalog bekerja dengan alat profil yang telah disebutkan sebelumnya untuk personalisasi muatan dari halaman situs yang dapat dilihat oleh pengguna individual. Sebagai contoh, Travelocity.com menggunakan perangkat lunak manajemen muatan untuk mendorong informasi promosional personalisasi mengenai kesempatan perjalanan lain-lainnya kepada pengguna saat mereka terlibat dalam sebuah transaksi yang berhubungan dengan perjalanan online.


Akhirnya, manajemen muatan dan katalog dapat diperluas untuk memasukkan proses konfigurasi produk yang mendukung konsumen layanan mandiri berbasis situs dan penyesuaian massal dari produk perusahaan. Konfigurasi perangkat lunak membantu konsumen secara online memilih susunan yang layak optimal dari fitur produk yang dapat dimasukkan ke dalam barang jadi.

· Manajemen Alur Kerja

Banyak proses bisnis dalam aplikasi perdagangan elektronik yang dikelola dan diotomatisasi sebagian dengan bantuan perangkat lunak manajemen alur kerja. Sistem alur kerja bisnis elektronik untuk kolaborasi perusahaan membantu karyawan berkolaborasi secara elektronis untuk mencapai tugas kerja terstruktur dalam proses bisnis berbasis pengetahuan. Manajemen alur kerja, baik bisnis elektronik maupun perdagangan elektronik, bergantung pada sebuah mesin perangkat lunak alur kerja berisi model perangkat lunak dari proses bisnis yang akan dicapai. Model alur kerja menunjukkan susunan aturan bisnis yang sudah dikenal, peranan pemegang saham, kebutuhan otorisasi, alternatif rute, penggunaan basis data, dan urutan tugas yang dibutuhkan dalam masing-masing proses perdagangan elektronik. Oleh karena itu, sistem alur kerja memastikan bahwa transaksi yang sesuai, keputusan, dan aktivitas kerja telah dilakukan, serta data dan dokumen yang benar telah diteruskan ke karyawan, pelanggan, pemasok, dan pemegang saham yang tepat.

· Notifikasi Peristiwa

Kebanyakan aplikasi perdagangan elektronik adalah sistem yang digerakkan oleh peristiwa yang merespons kumpulan dari peristiwa dari akses situs pelanggan baru pertama, untuk proses membayar dan mengirimkan, hingga hubungan pelanggan yang tak terhingga dan


aktivitas manajemen pasokan. Itulah mengapa proses notifikasi peristiwa memainkan peran yang penting dalam sistem perdagangan elektronik; pelanggan, pemasok, karyawan, dan pemegang kepentingan lain harus diberi tahu seluruh peristiwa yang dapat mempengaruhi status dalam sebuah transaksi. Perangkat lunak notifikasi peristiwa bekerja dengan perangkat lunak manajemen alur kerja untuk mengawasi seluruh proses perdagangan elektronik dan mencatat seluruh peristiwa yang relevan, termasuk perubahan yang tak diharapkan atau situasi masalah.

· Kolaborasi dan Perdagangan

Kategori utama dari proses perdagangan elektronik terdiri atas hal-hal yang mendukung pengaturan kolaborasi penting dan layanan perdagangan yang dibutuhkan oleh pelanggan, pemasok, dan pemegang saham lain untuk menyelesaikan perdagangan elektronik. Kolaborasi yang penting antara mitra perdagangan bisnis dalam perdagangan elektronik dapat diberikan oleh layanan perdagangan berbasis internet. Sebagai contoh, portal situs perdagangan eelektronik bisnis ke bisnis yang disediakan oleh perusahaan seperti Ariba dan Commerce One mendukung kesesuaian, negosiasi, dan proses mediasi antara pembeli dengan penjual bisnis.


d. Proses Pembayaran Elektronik 

Pembayaran untuk produk dan layanan yang dibeli adalah susunan yang jelas dan penting dalam proses transaksi perdagangan elektronik. Proses pembayaran, bagaimanapun, tidak sederhana karena sifat transaksi elektronik yang hampir tak dikenal yang terjadi antara sistem komputer jaringan dari pembeli dan penjual serta banyak masalah keamanan yang terlibat. Proses pembayaran perdagangan elektronik juga kompleks karena luasnya variasi dari alternatif debit dan kredit, seperti institusi keuangan dan perantara yarrg menjadi bagian dalam proses. oleh karena itu, berbagai sistem pembayaran elektronik telah terlibat sepanjang waktu. Selain itu, sistem pembayaran baru sedang dikembangkan dan dicoba untuk memenuhi keamanan dan tantangan teknis dari perdagangan elektronik melalui Internet.  Proses Pembayaran Melalui Situs Sebagian besar sistem perdagangan elektronik di situs melibatkan bisnis dan pelanggan (business and consumers-B2C) tergantung pada proses


pembayaran kartu kredit, tetapi banyak sistem perdagangan elektronik B2B bergantung pada proses pembayaran yang lebih kompleks berdasarkan penggunaan pesanan pembelian. Namun, kedua jenis perdagangan elektronik umumnya menggunakan proses mengangkut pembelanjaan elektronik, yang membantu pelanggan untuk memilih produk dari tampilan katalog situs dan meletakkannya secara berkala dalam keranjang belanja virtual untuk dilihat dan diproses nantinya






· Pengiriman Dana Elektronik


Sistem pengiriman dana elektronik (electronicfunds transfer-EFT) adalah satu bentuk umum dari sistem pembayaran elektronik dalam industri perbankan dan ritel. Sistem EFT menggunakan berbagai teknologi informasi untuk menangkap dan memproses pengiriman uang dan kredit antara bank dan bisnis serta pelanggan mereka. Sebagaicontoh, jarigan perbankan mendukung terminal kasir di seluruh kantor bank danmesin kasir terotomatisasi (automated teller machine-NlM) di seluruh dunia. Bank,perusahaan kartu kredit, dan bisnis lain mendukung pembayaran melalui layanan telepon. Yang sangat populer juga adalah layanan pembayaran berbasis situs, seperti PayPal dan BillPoint untuk pengiriman tunai, dan CheckFree dan PayTrust untuk pembayaran tagihan otomatis yang membantu nasabah bank dan layanan pembayaran lain yang menggunakan Internet untuk membayar tagihan secara elektronik. Selain itu, kebanyakan terminal titik penjualan di toko ritel adalah jaringan ke sistem EFT bank, yang memungkinkan Anda untuk menggunakan kartu kredit atau kartu debit untuk membayar gas, belanjaan, atau pembelian lain secara instan di gerai ritel yang berpartisipasi.

· Pembayaran Elektronik yang Aman

Ketika anda melakukan sebuah pembelian online di lnternet, informasi kartu kredit milik anda menjadi rentan terhadap penangkapan oleh jaringan pelacak, yaitu perangkat lunak yang dengan mudah mengenali format nomor kartu kredit. Beberapa pengukuran dasar keamanan telah digunakan untuk menyelesaikan masalah keamanan ini: (1) mengenkripsi (mengodekan dan mengacak) data yang melintas antara pelanggan dengan pedagang, (2) mengenkripsi data yang melintas antara pelanggan dengan perusahaan yang mengotorisasi transaksi kartu kredit, atau (3) membuat informasi yang peka menjadi offline.

Share with your friends

Give us your opinion

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus

Notification
Selamat menikmati postingan artikel di Webillian.Com semoga bermanfaat.
Done