Surat Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Daftar Isi Konten [Tampil]
Pengertian Surat dan Surat bisnis

Bagi masyarakat umum istilah surat bukanlah sesuatu yang baru (asing). Surat digunakan oleh seseorang sebagai sarana penyampaian pesa tertulis untukberbagai kepentingan, baik pribadi, kedinasan mauoun bisnis dari seseorang kepada orang atau pihak lain. Seiring dengan perkembangan

teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat, penulisan dan penyampaian suatu pesan dari satu pihak kepada pihak lain dapat dilakukan bukan saja dengan kertas, tetapi juga melalu surat elektronik (electronic mail/e-mail).

Pengertian Surat


Menurut Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Surat adalah sarana komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain baik yang berkaitan dengan kegiatan bisnis ataupun nonbisnis.

Pengertian Surat Bisnis


Sedangkan Surat Bisnis adalah surat yang digunakan orang atau organisasi untuk menyampaikan informasi tertulis dalam kaitannya dengan penyelenggaraan kegiatan bisnis.

Korespondensi dapat diartikan dengan berkirim-kiriman surat. Ini berarti bahwa korespondensi adalah kegiatan berkomunikasi dengan menggunakan surat sebagai sarana. Orang yang berkomunikasi dengan menggunakan surat disebut koresponden.

Berdasarkan informasi di atas, dapat dikatakan bahwa korespondensi merupakan salah satu jenis komunikasi tulis. Korespondensi dapat terjadi antara seseorang dengan orang lain, antara seseorang dengan instansi atau sebaliknya, antara organisasi dengan organisasi, dan sebagainya.

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa korespondensi adalahkomunikasi antara seseorang dengan orang lain, antara seseorang dengan instansi atau sebaliknya, antara seseorang dengan organisasi atau sebaliknya, antara instansi dengan instansi, antara organisasi dengan organisasi, dan sebagainya dengan menggunakan surat sebagai sarana. Aktivitas berkorespondensi tentunya melalui suatu proses, yaitu penulisan, pengiriman, dan penerimaan surat.

Dari penjelasan diatas, korespondensi bisnis adalah suatu kegiatan korespondensi antara satu pihak dengan pihak yang lain baik secara perorangan maupun lembaga yang berkaitan dengan dunia bisnis.



Fungsi Surat Bisnis


Meskipun teknologi informasi dan komunikasi berekembang begitu cepat dengan adanya telepon, telepon genggam, televise, radio, telegram, faksimail, dan computer, surat masih merupakan sarana penghubung/komunikasi yang sangat penting bagi seseorang,kelompok, maupun organisasi pemerintah dan bisnis.

Selain sebagai sarana komunikasi, surat bisnis juga memiliki berbagai fungsi sebagai berikut:

• Surat bisnis berfungsi sebagai wakil atau duta begi pengirim surat.
• Dalam kaitanya dengan dunia bisnis, surat bisnis berfungsi sebagi pembawa pesan-pesan bisnis dari pengirim pesan kepada pihak lain.
• Alat untuk menyampaikan pemberitahuan, permintaan atau permohonan, buah pikir atau gagasan yang berkaitan dengan masalah-masalh bisnis.
• Alat bukti tertulis (dokumen tertulis).
• Alat untuk mengingat.
• Bukti sejarah (historis).
• Pedoman kerja.
• Media promosi bagi pengirim surat.

Contoh-contoh Surat Bisnis


1. Surat Pemesanan


Surat pemesanan (order letters) merupakan salah satu surat bisnis yang lazim dijumpai dalam dunia bisnis, baik pada perusahaan yang bergerak pada proses pengolahan (manufacturing), perdagangan (trade), maupun jasa (service).

2. Surat Konfirmasi


Surat konfirmasi (confirmation letters) addalah surat yang berisi tentang penjelasan tertentu yang lebih berfungsi sebagai pemberitahuan, penegasan atau meyakinkan atas sesuatu.

3. Surat Pengaduan


Surat pengaduuan adalah surat yang berisi pengaduan pelanggan kepada pihak lain dengan cara-cara yang baik karena pelanggan merasa dirugikan atau dikecewakan, agar memperoleh solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

4. Surat Permintaan Informasi


Surat permintaan informasi adalah surat yang dikirimkan oleh seseorang, kelompok, atau lembaga untuk meminta berbagai informasi penting kepada pihak lain baik perseorangan atau lembaga.

5. Surat Ucapan Selamat


Surat ucapan selamat adalah surat yang dikirimkan oleh perorangan, kelompok, maupun lembaga yang berisi pemberian ucapan selamat atas keberhasilan seseorang.

6. Surat Pemberitahuan


Surat pemberitahuan adalah surat yang dibuat oleh perorangan atau organisasi yang berisi pemberitahuan kepada pihak lain baik perorangan maupun organisasi.

7. Surat Penagihan


Surat penagihan adalah surat yang digunakan untuk menagih hutang pihak lain yang telah melampaui waktu yag telah ditentukan.

8. Surat Peringatan


Surat peringatan adalah surat yang ditulis oleh seseorang atau organisasi yang ditujukan kepada pihak lain baik seseorang maupun organisasi yang berisi peringatan atas sesuatu hal.

9. Surat Perintah Kerja


Surat perintah kerja (SPK) adalah surat yang ditulis oleh pimpinan suatu perusahaan kepada pihak lain, yang berisi perintah untuk mengerjakan suatu pekerjaan dalam kurun waktu tertentu sesuai dengan prosedur dan persyaratan yangg telah diseepakati.

10. Surat Pengumuman


Surat pengumuman adalah surat yang digunakan oleh seseorang atau organisasi untuk mengumumkan sesuatu kepada pihak lain baik seseorang atau organisasi, yang dilakukan dengan cara-cara tertentu.

11. Surat Undangan RUPS


RUPS merupakan salah satu forum tertinggi dalam suatu organisasi bisnis yang sangat strategis bagi pengambilan keputusan strategis.

12. Surat Kuasa


Surat kuasa adalah surat pelimpahan kekuasaan yang dilakukan oleh kedua pihak, yaitu pihak pertama sebagai orangg yang memberikan kuasa kepada pihak lain sebagai orang yang menerima kuasa untuk melakukan dan bertindak sesuatu atas nama pemberi kuasa.

13. Surat Perjanjian


Surat perjanjian adalah surat yang berisi perjanjian yang dilakukan antara pihak yang satu kepada pihak yang lain tentang suatu hal.


Daftar Pustaka

Komunikasi Bisnis Drs. Djoko Purwanto, M.B.A. Edisi ketiga. 2006
Komunikasi Bisnis Drs. Djoko Purwanto, M.B.A. Edisi keempat. 2011

23 komentar

  1. Wahh bisa membantu menambah wawasan kawan kawan yang lain nih gan

    http://nimegakure.net

    BalasHapus
  2. Kunbal... Wow lengkap bgt uraiannya... Btw templatenya keren bgt 👍👍

    BalasHapus
  3. Kunbal... Wow lengkap bgt uraiannya... Btw templatenya keren bgt 👍👍

    BalasHapus
  4. Mantap, gan. Bermanfaat sekali. Menurut saya, materi ini tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Lanjutkan.

    BalasHapus
  5. Mantul gan

    Salam www.simakin.id

    BalasHapus
  6. mantap lengkap ternyata surat juga punya aturan tersediri jadi menambah pengetahuan

    jangan lupa kunjungi https://redsnow09.blogspot.com/

    BalasHapus
  7. Ouwhh... ternyata itu ya jenis2nya surat bisnis. Makasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  8. mungkin surat bisnis dan surat resmi instalasi yang masih dipakai ya gan jaman sekarang,,, kalau surat suratan dah jarang anak sekarang...
    dan penulisan surat resmi ada aturannya, terutama nomor surat...cmiiw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak, karena surat non formal sudah tergerus dengan teknologi

      Hapus
  9. artikelnya sangat bermanfaat gan, semoga terus menjadi penulis yang handal

    BalasHapus
  10. wah mantap ini gan informasi nya, sangat mencerahkan ane, ane jadi paham perbedaan definisi surat dan surat bisnis, makasih banyak gan buat informasinya ;)

    BalasHapus
  11. Nice info gan, sangat membantu buat jawab pertanyaan yang paling familiar dari dosen-dosen

    BalasHapus
  12. Kayaknya sekarang masih gak ya pada pakai surat bisnis karena kan sekarang jamannya sudah maju dan tinggal pake email saja mungkin sudah bisa karena lebih efisien dan pengiriman sangat cepat ketimbang surat manual biasa.

    BalasHapus
  13. Terimakasih untuk informasi mengenai surat dan bisnis. Saya juga baru tahu kalau surat banyak sekali jenisnya mas

    BalasHapus
  14. Ternyata surat banyak juga jenis nya ya,,, pasti fungsinya juga berbeda-beda.
    Kalau zaman dulu saya mengirim surat untuk mengabarkan kabar kepada keluarga dan sang kekasih,,,
    Di era zaman modern ini spertinya jarang di gunakan rata-rata perusahaan juga menggunakan email, dan kalau saya di perusahaan selalu mendapatakn surat tugas 😁😁🤣

    BalasHapus
  15. nice info gan, ternyata surat banyak jenisnya ya. Untuk sekarang saya lebih suka menggunakan surat elektronik, selain lebih praktis menunggu balasan suratnya pun tidak butuh waktu lama.

    BalasHapus
  16. Kalo dikategorikan, jadi banyak ya, Mas. Yang paling saya takutin itu surat penagihan, Mas. Ngeri banget 😂

    BalasHapus
  17. Baru tau kalo pengertian surat bisnis dan pengertian surat itu berbeda. Terlagi contoh-contoh surat bisnis di artikel ini lengkap, thanks infonya.

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus
EmoticonEmoticon